PENDIDIKAN
SENI DI SEKOLAH
Palu - (13/11) Pendidikan seni menurut ibu
fitriyati selaku wakil kepala sekolah SMANOR.pendidikan yaitu mendidik yang tidak tau menjadi tau agar menuju
perbaikan seperti kognitif (pengetahuan ),afektif (sikap atau nilai ) dan
spikomotornya.pendidikan melalui seni kita
berkreasi jadi tujuannya pendidikan seni itu disekolah ada dua yaitu bagaimana siswa itu
berkreatifitas (kreatifitas itu untuk membentuk kreatif siswa atau anak ) dan
kemudian pengembangan estetika itu rasa dan nilai yang bisa dilakukan oleh
pengembangan estetika yaitu mengapresiasikan seni sedangkan kreasi itu melalui
kreatif dengan cara berkarya.Tetapi pendidikan seni disekolah tidak menjadikan
siswa-siswinya untuk menjadi peseni,pelukis,dan penari tapi kalo ada salah
siswa siswinya mengarah ke seni itu sendiri lebih bagus.
Pendidikan seni disekolah itu ada
empat macam yaitu ada seni tari,seni rupa,seni musik dan seni theater dari
empat macam seni ini sekolah di kasih pilihan untuk memilih salah satu cabang seni untuk di ajarkan disekolah dan boleh
juga lebih dari satu atau sesuai dengan kemampuan gurunya karena guru memilih sesuai dengan kompentensinnya jadi
intinya adalah pelaksanaan keempat macam seni ini jika dia memilih seni tari
maka seni tari dan akan di apresiasikan
serta bagaimana cara mengembangkan kreasi tersebut.
Dalam
kegiatan berkreasi dalam beraktivitas
seni itu sendiri. peranan guru itu dalam pembelajaran seni itu sangat
penting dalam memilih dan mengelolah suatu kegiatan berapresisai dan
mengelolah seni,yang harus dilakukan oleh seorang guru langkah awalnya adalah
bagaimana dia harus memahami dan menguasai isi kurikulum yang berkaitan dengan
bidangnya apakah itu bidang seni
tari,seni musik,seni rupa dan seni theater.
Yang
berkaitan dengan isi kurikulum tersebut adalah berhubungan dengan standar
kompentensinnya ,kompentensi dasarnya ,materi yang harus dikuasai ,kegiatan
yang dilakukan Kemudian bagaimana di nilainnya ,bagaimana alokasi waktunnya, dan
mengetahui bagaimana sumber pembelajarannya yang digunakan.setelah guru
memahami isi kurikulum dan bagaimana guru menjelaskan materi kesiswa agar siswa dapat memahami apa yang diberikan
oleh guru tersebut.
Nama : Dewi oktavianti R.L
Stambuk : B 501 14 069
Kelas : B
Ilmu komunikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar