Minggu, 15 November 2015

PENDIDIKAN SENI



PENDIDIKAN SENI  DI SEKOLAH 




          Palu - (13/11) Pendidikan seni menurut ibu fitriyati selaku wakil kepala sekolah SMANOR.pendidikan yaitu mendidik  yang tidak tau menjadi tau agar menuju perbaikan seperti kognitif (pengetahuan ),afektif (sikap atau nilai ) dan spikomotornya.pendidikan melalui seni kita  berkreasi jadi tujuannya pendidikan seni itu  disekolah ada dua yaitu bagaimana siswa itu berkreatifitas (kreatifitas itu untuk membentuk kreatif siswa atau anak ) dan kemudian pengembangan estetika itu rasa dan nilai yang bisa dilakukan oleh pengembangan estetika yaitu mengapresiasikan seni sedangkan kreasi  itu melalui kreatif dengan cara berkarya.Tetapi pendidikan seni disekolah tidak menjadikan siswa-siswinya untuk menjadi peseni,pelukis,dan penari tapi kalo ada salah siswa siswinya mengarah ke seni itu sendiri lebih bagus.

          Pendidikan seni disekolah itu ada empat macam yaitu ada seni tari,seni rupa,seni musik dan seni theater dari empat macam seni ini sekolah di kasih pilihan untuk  memilih salah satu  cabang seni untuk di ajarkan disekolah dan boleh juga lebih dari satu atau sesuai dengan kemampuan gurunya karena guru  memilih sesuai dengan kompentensinnya jadi intinya adalah pelaksanaan keempat macam seni ini jika dia memilih seni tari maka seni tari dan akan di apresiasikan  serta bagaimana cara mengembangkan kreasi tersebut.

        Dalam kegiatan berkreasi dalam beraktivitas  seni itu sendiri. peranan guru itu dalam pembelajaran seni itu sangat penting dalam memilih dan mengelolah suatu kegiatan berapresisai dan mengelolah seni,yang harus dilakukan oleh seorang guru langkah awalnya adalah bagaimana dia harus memahami dan menguasai isi kurikulum yang berkaitan dengan bidangnya  apakah itu bidang seni tari,seni musik,seni rupa dan seni theater.

       Yang berkaitan dengan isi kurikulum tersebut adalah berhubungan dengan standar kompentensinnya ,kompentensi dasarnya ,materi yang harus dikuasai ,kegiatan yang dilakukan Kemudian bagaimana di nilainnya ,bagaimana alokasi waktunnya, dan mengetahui bagaimana sumber pembelajarannya yang digunakan.setelah guru memahami isi kurikulum dan bagaimana guru menjelaskan materi kesiswa  agar siswa dapat memahami apa yang diberikan oleh guru tersebut.



 Nama           :     Dewi oktavianti R.
 Stambuk      :  B 501 14 069
Kelas             : B 
Ilmu komunikasi 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar